5 Cara Penipuan Online di Internet yang Wajib Kalian Waspadai

cara penipuan online di internet
Maraknya Penipuan Online di Internet menjadi faktor penting yang perlu di ketahui banyak orang, terutama untuk kalian yang membaca artikel Maswids.

Mengenai hal tersebut, kali ini Maswids akan berbagi pengalaman tentang bagaimana Penipuan Online di Internet dapat terjadi dan beberapa informasi ini mungkin dapat membantu Kalian agar dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan media online atau internet, dan berikut ulasanya:

1. Penipuan Jual Beli Online
cara penipuan jual beli online
Penipuan Online bukan berasal dari penjual produk saja, menyangkut calon pembeli pun dapat juga mendatangkan Penipu.
Seperti pengalaman yang pernah saya alami, sewaktu saya menjadi penjual suatu produk di salah satu media jual beli online, saat itu ada calon pembeli yang mengorder barang saya, hingga intimidasinnya calon pembeli tadi menyuguhkan bukti transfer atas barang yang telah dia pesan dari lapak saya.
Namun sebelum itu, saya mencoba mencari hasil klarifikasi atas bukti atau struck pembayaran dari calon pembeli teesebut. Dan hasilnya, sangat mengecewakan. Calon pembeli tadi mencba melakukan penipuan melalui bukti pembayaran yang sebelumnya sudah dia siapkan untuk mengelabui saya.
Namun, cara tersebut dapat saya antisipasi dengan melakukan pencocokan data masuk ke rekening saya.
Disini kita akan melihat ulasan Jual beli online di internet, sebagian badan pengelola media jual beli online tidak semuanya dapat di katakan aman.
Karena masih ada beberapa media yang mungkin perlu kalian waspadai.
Jika kalian melakukan pembelian online, hal-hal yang perlu di perhatikan seperti, tempat forum, lapak penjual, dan proses pembayaran.
Mengenai Tempat form, usahakan kalian menggunakan forum yang sudah jelas dan pastinya aman untuk kalian gunakan.
Seperti misal form yang sudah jelas aman untuk kalian gunakan yaitu: LazadaBukalapakBlibliTokopediaShopee

2. Penipuan Undian Berhadiah
penipuan undian berhadiah
Mungkin Kalian sudah sering mendengar berita mengenai undian berhadiah yang sering kalian jumpai melalui pesan sms di hp kalian.
Sudah tahu namun masih banyak orang di luar sana yang masih saja tergiur oleh tawaran yang satu ini.
Tawaran berupa pesan sms yang memberitahukan bahwa pemilik nomor hp memenangkan sebuah undian berhadiah.
Cara ini sering sekali di lakukan oleh para pelaku penipuan untuk meraup rupiah dari calon korban.
Beberapa cara untuk mengantisipasi masalah ini yaitu, perhatikan nomor yang menghubungi kalian, pastikan jika nomor tersebut resmi dari pihak yang kalian percaya, namun jika nomor tersebut berasal dari nomor kartu biasa dan kalian tidak mengenalinnya, maka luangkan waktu kalian untuk menghapus pesan tersebut karena jika tidak di hapus mungkin di kemudian hari kalian buka kembali dan mengikuti cara yang di anjurkan di pesan penipuan tadi.

Baca Juga: KPK Resmi Buka Layanan Pengaduan Korupsi

3. Penipuan Berkedok Polisi
penipuan berkedok polis
Cara ini terbilang cara baru yang di praktekan oleh para pelaku penipuan Online, yaitu berkedok polisi.
Cara penipuan ini biasannya, melakukan riset nomor handphone melalui alat pelacak di komputer pelaku guna mendapatkan dat nomor kontak saudara dari calon korban.
Langkah berikutnya, pelaku menghubungi korban dengan mengatas namakan pihak kepolisian yang sedang melakukan rasia kendaraan.
Pelaku memberikan informasi melalui panggilan telephone kepada calon korban bahwa pihak saudara dari korban sedang mengalami tilang kendaraan.
Dan langkah selanjutnya, pelaku memberikan tawaran berupa uang damai agar saudara sang korban dapat bebas dari tilang tersebut.
Lalu Pelaku menyuruh calon korban untuk mentransfer uang ataupun pulsa ke nomor rekening yang telah di persiapkan sebelumnnya.

4. Penipuan Bantuan Sosial
penipuan bantuan sosial
Penipuan menggunakan cara ini sedang ramai di perbicarakan publik di medsos, beberapa dari kalian mungkin sudah tahu jika negara kita sedang mengalami banyak musibah seperti, gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan stunami.
Namun semua musibah tersebut malah di salah gunakan oleh para pelaku penipuan melalui cara mengadakan pundi amal atau bantuan sosial yang di sebar melalui media sosial seperti, facebook, twitter, path, whatsapp dan lainnya.
Mereka memanfaatkan musibah tersebut untuk mengumpulkan uang dari calon korban, dengan cara menulis postingan berita dan melampirkan nomor rekening bank guna menyalurkan bantuan sosial.
Untuk kalian, saya rasa sudah pintar mewaspadai penipuan ini, jika kalian melihat kabar berita seperti ini hal yang wajib kalian teliti yaitu, kontak penyebar berita, jika kontak tersebut bersifat pribadi dan kalian rasa bukan dari pihak resmi penyalur bantuan, maka laporkan kepada polisi jika kalian mempunyai waktu, namun jika kalian sibuk, jangan pedulikan kabar berita yang belum pasti seperti penjelasan di atas.

5. Penipuan Tagihan Setoran
Penipuan tagihan setoran
Penipuan melalui konfirmasi penagihan atau setoran masih banyak di lakukan oleh para pelaku penipuan.
Sebelum mereka memulai aksinya, mereka akan mencari berita dan informasi tentang calon korban mereka, mereka akan menyimpan data-data seperti produk barang yang calon korban miliki, badan penagihan barang calon korban, hingga kontak admin pengelola tagihan setoran.
Semua data tadi mereka kumpulkan dan memulai aksinya dengan cara mengirim pesan pemberitahuan jatuh tempo setoran, hingga melakukan panggilan telephone untuk sesegera mungkin membayar tagihan barang dari calon korban mereka ke dalam nomor rekening mereka.

Baca Juga: Bahaya Malware Pada Perangkat Android

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai Cara Penipuan Online di Internet.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita terhadap jenis cara yang sering di gunakan pelaku penipuan, terimakasih dan semoga bermanfaat.

3 Responses to "5 Cara Penipuan Online di Internet yang Wajib Kalian Waspadai"

  1. Sebagai pembaca setia blog Maswids, saya ada masukan.. Judunya lebih cucok kalau pakai kata Modus. :D

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas masukannya Denpono.com 🙏
    😀😉

    ReplyDelete
  3. Mantap maswids 👌😂👍

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Kamu disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel