Asiknya Pekerjaan IT Buat Kita, Pengalaman Pribadi Saya - Maswids.com

Wednesday

Asiknya Pekerjaan IT Buat Kita, Pengalaman Pribadi Saya

Asiknya Pekerjaan IT buat Kita

Jumpa bersama Bung Rizal di sini, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman pribadi saya di blog nya Maswids.com nah semoga ada inspirasi yang bisa kalian dapat yah, buat kalian silahkan simak coretan berikut ini.


Dunia kerja mungkin menjadi salah satu momok tersendiri bagi beberapa kalangan pelajar, karena dalam benak beberapa pelajar, Dunia kerja terkesan formal dan penuh aturan, setidaknya itu yang terlintas di benak saya ketika dulu masih jadi seorang pelajar. Namun demikian setelah saya masuk ke dunia kerja, ternyata dunia kerja tidak seformal dan sekaku yang saya bayangkan. Malah menurut ku, dunia kerja terkesan lebih santai dan less stress dibandingkan ketika saya belajar dulu.

Hal itu mungkin juga karena kebetulan saya bekerja di industry yang dikenal tidak terlalu formal dalam urusan pakaian, namun berorientasi hasil, yaitu industry IT.
Karena ketika saya pikir-pikir lagi, tidak semua industry memiliki aturan dan work life yang sama.
Maka dari itu, saya sangat grateful bisa bekerja di industi yang cocok dengan lifestyle saya yang tidak suka hal-hal yang terlalu formal, khususnya dalam penampilan.
Berikut hal-hal menyenangkan yang saya suka ketika bekerja di dunia IT:

1. Pakaian Tidak Formal
Salah satu hal yang membuat saya senang bekerja di dunia IT adalah pakaiannya yang tidak terlalu formal, alias tidak ada pakaian dinas dan saya bisa pake pakainan yang biasa saya pakai waktu main, sehingga apabila saya sudah selesai kerja, pulangnya bisa langsung main.

2. Rambut Tidak Harus Rapi
Bagi sebagian orang mungkin masalah gaya rambut bukanlah hal yang terlalu serius, namun bagi saya, hal tersebut cukup menentukan percaya diri saya,
Saya merasa lebih percaya diri ketika berambut gondrong daripada berambut pendek atau rapi. Dan untungnya saya bekerja di industry yang tidak mempermasalahkan penampilan rambut, sehingga saya bisa menata panjang rambut saya sesuai dengan keinginan saya.
Beda kaya ketika waktu dulu di disekolah dimana kalau rambut kita panjang, auto dibotakin oleh guru.

3. Bisa Akselerasi Untuk Mendapat Gaji Lebih
Salah satu yang buat saya senang bekerja di industry IT adalah kita bisa berakselerasi, entah itu untuk agar kita cepat naik pangkat atau untuk mendapatkan gaji lebih tinggi.
Berbeda dengan beberapa industry yang mungkin kalau ingin naik pangkat atau mendapat gaji lebih tinggi kita harus memiliki masa kerja yang lama dulu, di dunia IT, kita bisa cepat naik pangkat atau mendapatkan gaji lebih berdasarkan keahlian kita, semakin kita memiliki skill yang banyak, semakin besar peluang kita untuk cepat naik pangkat, atau mendapat gaji yang lebih tinggi.
Dan enaknya, hampir semua materi IT dapat dengan mudah kita pelajari di internet, jadi untuk mengembangkan skill di dunia IT, yang dibutuhkan hanyalah kemauan saja untuk mempelajarinya.

4. Tidak Takut Kehilangan Pekerjaan
Salah satu momok seorang pekerja tentunya adalah takut untuk kehilangan pekerjaan, namun demikian, bagi beberapa pekerja IT, mungkin bayangan mengenai kehilangan pekerjaan dalam satu instansi tidak akan sebegitu mengerikannya, pasalnya, seperti kita ketahui bahwa tenaga IT banyak dibutuhkan hampir di setiap instansi, selama memiliki keahlian yang benar-benar mumpuni dalam bidang IT, tidak akan sulit untuk mendapat pekerjaan kembali sehingga menimbulkan sikap tidak takut akan kehilangan pekerjaan di kalangan para pekerja.

5. Banyak Peluang Mendapatkan Pendapatan Sampingan
Hal lain yang menguntungkan bekerja di dunia IT adalah banyaknya peluang mendapatkan pendapatan sampingan, seperti kita ketahui bahwa sekarang ini merupakan era digital, di mana hampir semua hal berbau online, baik itu transportasi online, pembayaran online, hingga bisinis online. Nah untuk bisnis online ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, namun bila kita bekerja di industry IT, tentunya kita akan lebih ada gambaran dan kemungkinan lebih mampu mengerjakan maupun memaksimalkan peluang-peluang bisnis online sebagai pekerjaan sampingan dibanding orang yang tidak ada basic IT.


Demikian yang dapat saya sampaikan dari apa yang saya sampaikan di atas mungkin tidak berlaku untuk semua pekerja IT, karena mungkin ada juga perusahaan IT yang menerapkan aturan berbeda dalam hal pakaian maupun kenaikan pangkat atau gaji
.
Namun demikian hal di atas adalah murni dari pengalaman saya bekerja di 2 perusahaan IT yang berbeda dan juga pengamatan saya terhadap work life dari temen-temen saya yang bekerja di perusahaan IT lainnya
Semoga bisa menjadi gambaran untuk orang-orang yang tertarik bekerja di bidang IT, Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Disqus comments