Bahaya Malware Pada Perangkat Android Mengancam 500 Juta Pengguna Ponsel

Bahaya malware pada perangkat androidengancam 5000 juta pengguna ponsel

Bentuk Malware baru menempati sekitar 500 juta perangkat Android dengan menyimpan risiko sangat besar. 
Malware ini di sebut 'Aksesibilitas Click jacking, Bahaya dari malware ini dapat menjadi salah satu cara paling cerdas untuk mendapatkan akses bebas ke smartphone seseorang. 

Temuan ini disampaikan langsung oleh Adi Sharabani dan Yair Amit, salah satu pendiri perusahaan keamanan seluler Skycure, pada akhir pekan di konferensi RSA di San Francisco, California, AS.

Mereka menjelaskan, Aksesibilitas Click jacking adalah metode yang akan mencoba menggoda pengguna smartphone untuk mengklik sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya, tetapi sebenarnya dapat memberikan kesempatan bagi peretas untuk memecahkannya.

Baca Juga:
▪ Cara Mempercepat Koneksi Internet di Ponsel Android
▪  Cara Registrasi Kartu Indoosat Lupa NIK
▪ Cara Optimalkan Media Sosial untuk Meningkatkan Bisnis

Menurut penelitian Skycure, Aksesibilitas Click jacking akan membuat seorang hacker mencuri semua informasi pribadi, dan melakukan kejahatan menggunakan sistem operasi atau aplikasi pengguna smartphone yang tidak dikenal atau tidak disengaja.
Pesan tertulis, seperti SMS, email, aplikasi olahpesan, dokumen pada aplikasi bisnis, dan banyak hal lainnya dapat dimata-matai dan dieksploitasi oleh peretas.

Setelah akses dibuka, para penjahat cyber ini dapat mengganti izin admin dan bahkan membuat akses mereka sendiri untuk itu. Ketika itu terjadi, seseorang mungkin kehilangan kredensial login karena kata sandi telah diganti, atau kehilangan data telah dihapus oleh peretas.

Skycure mengatakan, sekitar 65% perangkat Android untuk versi 2.2 hingga 4.4 terancam oleh bahaya ini. Malware ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika pengguna telah memperbarui sistem operasi ke Android 5.0 Lollipop.

Menurut Skycure, solusi termudah adalah memperbarui ke OS Android terbaru. Mereka juga menyarankan pengguna untuk tidak mengklik kotak dialog yang muncul di layar kecuali Anda yakin itu aman. Hindari juga menggunakan aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga dan selalu lindungi perangkat Anda dengan antivirus atau antimalware.

Untuk itu guna mengantisipasi resiko berbahaya tadi, jangan terlalu tergiur dari konten yang bersumber tidak jelas, sekian dari Maswids.com terimakasih dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "Bahaya Malware Pada Perangkat Android Mengancam 500 Juta Pengguna Ponsel"

Tinggalkan Komentar Kamu disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel