Bijak Dalam Berhutang, Ini Tips Hindari Kredit Macet

tips hindari kredit macet
Tips Hindari Kredit Macet - Banyaknya kebutuhan membuat kita tidak selalu mampu memenuhinya secara maksimal. Demi mencukupi kebutuhan lain, tak jarang kita memilih metode kredit agar lebih mudah. Sebab, kredit memungkinkan kita memiliki suatu barang atau memenuhi kebutuhan dengan biaya angsuran yang lebih ringan dibanding membayarnya secara kontan. Tapi, anda pun harus berhati-hati kala berhutang. Jangan sampai kredit macet menghantui anda. 

Kredit macet adalah sebuah kondisi dimana kreditur (pengaju kredit) tidak mampu membayar tagihan pinjaman bank atau lembaga keuangan tertentu, selama lebih dari tiga bulan. Ini juga berlaku kala terjadi kesendatan pembayaran tagihan kartu kredit. Dua hal ini jelas menghambat kelancaran operasional lembaga terkait, karena perputaran uang menjadi tidak lancar. 

Anda tentu tak mau dalam kondisi demikian. Pilihan untuk meminjam dana atau penggunaan kartu kredit yang dimaksudkan untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan malah jadi menimbulkan masalah keuangan yang baru. Oleh sebab itu, anda harus bijak dalam berhutang. Agar anda tak salah langkah, simak beberapa tips menghindari kredit macet berikut ini! 

Pilih Besaran Kredit yang Pas
Tips Hindari Kredit Macet
Saat ingin mengajukan pinjaman, anda harus jujur pada diri sendiri. Bagaimanapun juga, anda lah yang paling mengetahui kadar kemampuan anda dalam menyelesaikan tagihan yang ada. Jadi, ajukan lah pinjaman atau gunakan limit kartu kredit sesuai kemampuan keuangan. Pilih lah besaran kredit yang pas dengan kondisi anda. 
Meskipun anda memiliki pemasukan besar, jangan terburu-buru pula untuk mengambil pinjaman berskala tinggi. Pastikan dahulu kondisi keuangan anda itu aman dan mampu membayarnya. Sebab, jika anda memiliki riwayat pembayaran kredit yang tersendat, maka anda akan sulit kembali mengambil pinjaman. Rekam jejak riwayat pembayaran kredit ini akan tersimpan dan bisa saja diketahui debitur anda yang lain di masa depan.


Pertimbangkan Bunga dan Masa Tenor
Tips Hindari Kredit Macet
Selain itu, anda harus perhatikan dengan teliti besaran bunga yang ada pada produk pinjaman itu, serta berapa lama masa tenornya. Bandingkan dahulu produk pinjaman yang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga berlaku saat anda mau mengambil produk kartu kredit. Pilihlah besaran limit yang wajar, serta bunga yang rendah. 
Jangan mudah tergiur dengan besarnya dana yang bisa cair dalam waktu singkat. Segala ketentuan ini harus anda ketahui secara teliti sebelum mengajukan kredit. Jika tidak, maka anda akan terjebak dengan kredit macet yang sulit diselesaikan.

Ajukan Kredit Dengan Agunan
Tips Hindari Kredit Macet
Saat ini, penawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA) sudah banyak tersedia. Tak heran jika banyak orang yang tergiur karena bisa mendapatkan dana tanpa harus menjaminkan harta benda maupun aset berharga lainnya. Padahal, justru kredit dengan agunan lah yang lebih minim resiko. Hal ini yang sering luput dari perhatian para calon kreditur karena sudah terburu-buru ingin mendapat cairan dana dengan KTA.
Apabila anda memiliki aset untuk dijaminkan, anda akan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah. Karena hal itu sejalan dengan tingkat risiko yang timbul. Bila sewaktu-waktu anda tidak dapat melunasi pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan, anda juga bisa melakukan negoisasi untuk memperpanjang masa pelunasan. Selain itu, kredit dengan agunan juga akan membuat anda terpacu melunasi hutang, karena besaran jaminan tentu lebih berharga dibanding nilai pinjaman yang anda ajukan.

Atur dan Prediksi Kondisi Keuangan
Tips Hindari Kredit Macet
Terakhir, buatlah perencanaan keuangan yang baik dan benar. Jika anda seorang pengusaha, maka coba lah untuk membaca kondisi keuangan pribadi dan usaha anda di masa-masa pembayaran tagihan. 
Sedangkan untuk anda pengguna kartu kredit, jangan lah terbuai dengan kemudahan yang diberikan kartu kredit. Anda harus bijak menggunakannya. Beli lah barang yang anda benar-benar butuhkan, bukan yang sekadar anda inginkan belaka. Dan pastikan anda memiliki dana darurat yang bias anda gunakan saat kredit macet terjadi di luar perkiraan anda.


Itulah tips untuk menghindari kondisi kredit macet. Selain kredit macet pada kredit pribadi, kredit macet juga bias terjadi pada bank yang memiliki penerimaan pembayaran kredit yang tidak lancar. Untuk info lengkapnya, silahkan klik link berikut ini: https://www.cekaja.com/kredit/news/129601-ini-langkah-langkah-yang-dilakukan-bank-terhadap-kredit-macet.html

0 Response to "Bijak Dalam Berhutang, Ini Tips Hindari Kredit Macet"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Kamu disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel