3 Bisnis Peternakan di Desa yang Mudah Dilakukan untuk Pemula

3 Bisnis Peternakan di Desa yang Mudah Dilakukan untuk Pemula - Peluang usaha ternak memang masih menjadi salah satu Alternatif Bisnis Usaha Menjanjikan yang dapat Anda tekuni di Desa. Selain peluang bisnis online sampingan seperti Bisnis Paytren, Melalui peluang usaha ternak, Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda rasa masih sangat pemula di bidang usaha peternakan ini.
Karena pada prinsipnya, tidak semua bisnis usaha beternak sulit dilakukan. Contoh seperti beberapa pilihan usaha peternakan yang mudah dilakukan untuk para pemula juga bisa Anda ulas pada artikel Maswids.com berikut ini:

Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Online Modal Kecil Berpeluang Untung Besar

bisnis ternak mudah

3 Bisnis Peternakan di Desa yang Mudah Dilakukan untuk Pemula:

1. Ternak Ikan Lele
Pilihan bisnis ternak yang mudah dilakukan untuk pemula yang pertama ialah beternak ikan lele. Peluang usaha ternak lele memiliki peminat dengan reputasi yang cukup tinggi. Dengan kata lain, peluang bisnis usaha ternak lele ini juga sangat berpeluang menghasilkan profit besar untuk Anda. Namun sebelum memikirkan penghasilan dari bisnis usaha ini, Anda dapat mempelajari beberapa konsep usaha ternak lele seperti apa yang akan Anda mulai. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh pengetahuan untuk menjalankannya.

Saat ini telah banyak para pelaku usaha ternak lele yang menjalankan konsep hydroponik untuk penangkaran lele. Gambaran konsep hydropinik pada lele terletak pada penggunaan struktur kolam. Seperti jika Anda memakai cara manual untuk pembuatan kolam lele, yaitu menggali tanah dengan kedalaman diantara 1-2 meter! Maka lain halnya dengan jika Anda memakai konsep Hydroponik. Konsep ini cukup hanya memakai alas terpal dan pagar bambu untuk pembuatan kolamnya. Dan konsep inilah yang menghasilkan perbandingan lebih efisien dan juga lebih mempercepat waktu dengan jika Anda memakai cara manual.

Struktur kolam lele hydroponik dapat Anda susun sendiri dan dapat juga Anda tambahkah sistem siklus air dari pembuangan yang dapat anda buat sendiri pada kolam. Hal ini sangat penting di perhatikan karena jika mengingat bahwa ikan lele yang masih berumur ± 1 bulan sangat membutuhkan perawatan yang maksimal di mulai dari kualitas air pada kolam.

Peluang usaha ternak lele dapat dengan mudah Anda tekuni dengan mempersiapkan beberapa kolam terpal dengan ukuran yang memadai. Kolam tersebut juga dapat Anda tempatkan di halaman ataupun pekarangan rumah Anda. Sedikit tambahan tentang bisnis ternak lele dari saya, Jika ukuran lele konsumsi berat isi: 1 kg/6 ekor dapat memakan waktu ± 2-3 bulan dalam waktu pertumbuhannya. Anda dapat mempersiapkan beberapa kolam untu bisa memutar siklus penangkaran lele dengan selisih 2 minggu atau 1 bulan untuk membuat jadwal masa panen pada setiap 3 bulannya. Dengan cara tersebut, Anda dapat menghasilkan income dari penjualan lele konsumsi setiap bulannya.

2. Ternak Semut Kroto
Peluang usaha yang satu ini memang terbilang masih sedikit yang melakukannya. Namun apa Anda tahu jika profit yang bisa di dapatkan terbilang sangat besar! Jelas dengan kata sepi peminat pada usaha budidaya kroto dan peluang profit besar menjadikan bisnis usaha ternak semut kroto ini terbilang sangat berpeluang.
Budidaya semut kroto juga tidak memerlukan modal besar. Anda cukup menyiapkan tempat untuk membuat sarang semut kroto dan menunggu panen saja.
Tempat sarang semut kroto dapat Anda buat dengan memanfaatkan wadah plastik (toples) yang tidak terpakai. Kemudian untuk membudidayakannya pun tidak terlalu susah. Langkah pertama Anda dapat mencari indukan semut kroto, carilah satu sarang saja. kemudian taruhlah sarang indukan tersebut di pohon rumah Anda. Persiapkan tempat dan berilah sedikit sisa makanan seperti, roti atau gula ke area temoat sarang (toples).
Pantau dan tunggu jangan lupa untuk atur arah semut kroto agar mau masuk ke dalam toples (tempat sarang).
Tunggu dalam kurun waktu 2 minggu, barulah masa panen semut kroto bisa Anda mulai.

3. Ternak Bebek
Pilihan peluang bisnis ternak yang terakhir ialah beternak bebek. Mungkin dari sebagian Anda sudah tahu bahwa unggas jenis ini (bebek) memiliki potensi lebih besar ketimbang unggas jenis lainnya. Potensi yang dapat dihasilkan bebek meliputi, Hasil daging dan telur. Ada juga potensi dari hasil kotoran yang dapat Anda manfaatkan untuk memberi pupuk tanaman dan lainnya.
Bisnis ternak bebek menjadi salah satu alternatif usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Anda dapat membuat kandang (tempat budidaya) dengan cukup menyiapkan pagar berukukuran tinggi 1 meter dan berikan juga kandang untuk rumah si bebek.
Budidaya bebek membutuhkan waktu ±3-6 bulan hingga masa subur. yaitu masa dimana bebek sudah mulai beetelur.
Namun beberapa cara perawatan juga sangat perlu di perhatikan. Mengingat jenis unggas ini cukup rentang terhadap jenis penyakit.
Salah satu contoh penyakit pada bebek yang umum yaitu mata biru (katarak). Jenis penyakit ini disebabkan oleh virus. Mata biru pada bebek menyebabkan, unggal lemas, tidak nafsu makan, lumpuh hingga akhirnya dapat menyebabkan kematian.
Cara penanggulanagan dan pengobatan secara alami terhadap jenis penyakit mata biru pada bebek dapat Anda lakukan dengan cara merebus daun pepaya. Air rebusan daun pepaya dapat Anda berikan pada bebek yang terkena virus. Jangan lupa pisahkan bebek sakit untuk dikarantina selama beberapa hari hingga pulih.
Kualitas pakan dan kebersihan kandang juga sangat perlu Anda perhatiakan.

Baca Juga: 10+ Peluang Bisnis Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Proses mengembangkan bisnis peternakan memerlukan keuletan dan kesabaran. Maka perbanyak ilmu guna untuk meningkatkan pengetahuan Anda. Dengan begitu Anda akan siap menghadapi berbagai kendala yang umum dirasakan oleh sebagian pebisnis ternak sukses lainnnya.
Seperti itulah beberapa pilihan bisnis peternakan yang dapat Maswids.com bagikan kali ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Bisnis Peternakan di Desa yang Mudah Dilakukan untuk Pemula"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Kamu disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel