Widget HTML Atas

UMKM adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya

UMKM-adalah

UMKM atau singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan usaha yang dilakukan oleh perorangan dengan kriteria usaha bermodal kecil yaitu dibawah modal 20 juta. Usaha ini pada umumnya tidak menterlibatkan banyak karyawan atau pekerja. Dengan kata lain, usaha UMKM dikerjakan oleh beberapa orang saja, dengan jenis usaha bervarian seperti contoh; pedagang kaki lima, toko atau warung sembako dan lain-lain.

Maka artikel ini akan membahas tentang pengertian usaha UMKM dan beberapa contoh bisnis usaha UMKM yang berpotensi menghasilkan di tahun 2021. Bagi kamu yang saat ini membutuhkan bahan referensi mengenai pendalaman bisnis UMKM, silahkan perhatikan beberapa informasi yang kami bagikan berikut ini.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Mudah Dikerjakan di Rumah

Pengertian UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bagi Pemula

Menjalani suatu bisnis usaha tidak semuanya dapat kita mulai dari modal yang sangat besar, anggap saja jika kamu baru saja merintis sebuah bidang usaha untuk di jadikannya bisnis, tentu hal pertama yang terfikirkan adalah Modal untuk menjalakan bisnis tersebut. Maka perlu kita cocokan antara bidang usaha yang akan ditekuni dengan modal yang kita perlukan untuk memulai bidang usaha tersebut.

Namun berjalanya waktu sampai ditetapkannya UU Ciptaker yang mengatur banyaknya poin menciptakannya pekerjaan baru bagi calon pencari kerja, masih ada juga poin yang mengatur pada bidang UMKM pada UU Ciptakerja loh! Salah satunya poin yang disampaikan Presiden Jokowi yaitu; Tata cara mengurus perizinan pada umkm akan dilakukan lebih ringkas lagi, yang jika sebelumnya harus melalui dinas koperasi sektor wilayah/daerah, kini hanya perlu mengurus melalui lembaga negara saja.

Dengan terciptanya Uu Ciptakerja yang mengatur seluruh sektor pekerjaan dan sektor usaha tersebut, dapat di gunakan untuk berlomba mewujudkan perekonomian yang jauh lebih baik lagi melalui sektor UMKM misalnya.

Disinilah poin dimualainnya bisnis UMKM dapat menolong kamu menentukan bidang usaha baru untuk dirintis. UMKM pada umunya tidak memerlukan modal besar untuk memulainnya, kamu bisa memilih beberapa bidang usaha yang disukai lalu memperhitungkan besaran modal lalu menjalakannya.

Namun banyak orang tidak berani mengambil resiko pada bidang bisnis UMKM ini. Hingga akhirnya, hanya dapat berangan-angan dan bermimpi memiliki bisnis usaha besar. Untuk itu perlu kita garis bawahi jika menjalankan suatu bisnis tidak semuanya perlu membutuhkan modal besar dan penting bagi kita untuk berani memulai suatu bisnis kecil tanpa takut dengan resiko kerugian, dan itulah poin pengertian bisnis UMKM yang bisa kamu perlukan untuk merintis usaha baru.

Jika sudah dapat memahami pengertian UMKM sendiri seperti apa, coba kita lanjut mengenai bagaimana cara memilih bidang usaha umkm yang baik seperti apa, kita bisa anggap bidang usaha UMKM yang baik itu adalah bidang usaha yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan besar. Maka bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa bidang usaha umkm yang berpotensi besar mengasilkan, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Contoh Bisnis UMKM Berpotensi Menghasilkan di Tahun 2021

Berikut ini merupakan rangkuman tentang 10 contoh bisnis atau bidang usaha UMKM yang berpotensi menghasilkan ditahun 2021. Maka bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja peluang umkm yang akan ramai ditahun 2021, dapat menyimak ulasan ini sampai habis. Contoh peluang umkm berpotensi ditahun 2021 sebagai berikut:

A. Bisnis Franchise Minuman

Bagi pebisnis pemula yang baru ingin mencoba-coba berdagang, pasti memilih jenis usaha adalah hal yang gampang-gampang sulit. Bisnis di bidang kuliner mungkin bisa menjadi pilihan yang anda pertimbangkan untuk memulai bisnis umkm. Bisnis kuliner tidak semua soal makanan. Sebab, berjualan minuman juga bisa meraih banyak omset untung. Saat ini, bisnis franchise minuman sudah banyak tersedia dan memudahkan pebisnis pemula untuk bekerjasama dengan penyedia franchise. Contoh penyedia franchise seperti di Alfamart. Akan tetapi, untuk memulai bisnis franchise minuman, anda harus tahu segala hal yang perlu diperhatikan serta resiko-resiko yang mungkin terjadi dikemudian hari. Agar bisnis anda bisa sukses dan mengantisipasi terjadinya kegagalan/kerugian berbisnis. Oleh karena itu, kami akan berikan tips memulai bisnis franchise minuman untuk pemula. Simak infonya berikut ini!
  • Pilih jenis franchise minuman, hal ini dilakukan untuk menciptakannya suatu ketekunan pada pelaku usaha dengan barang yang di jualnya. Kamu bisa memilih jenis minuman apa yang akan dijual, yanh perlu di ingat! Pilihlah sesuai kemampuan dan kesukaan mu didalam proses mengerjakannya. Dengan begitu, akan bisa mempengaruhi tingkat perkembangan dan ketekunan pada bisnis umkm mu.
  • Menentukan lokasi berjualan, penjualan suatu barang akan semakin berpotensi ketika target pasar didepan mata. Kini kamu bisa menentukan dimana lokasi strategis untuk berjualan, peluang usaha franchise minuman akan ramai dikunjungi pembeli jika lokasi outlet berada di tempat keramaian misal seperti berada di depan minimarket, tempat wisata atau bisa juga di tempat-tempat yang memiliki akses jalannya ramai dilalui kendaraan.
  • Perhitungkan besaran modal, kiat sukses memulai bisnis umkm dapat dilihat dari bagaimana cara pelaku usaha umkm tersebut melakukan perhitungan pada usaha yang digelutinya. Memperhitungkan suatu modal lalu merinci apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha hingga mengatur keluar masuk omset yang didapat. Semua perhitungan tersebut wajib dianalisa lalu diperhitungkan dengan benar. Tujuannya jelas agar modal dan keutungan dapat dikendalikan, sehingga menutup kemungkinan bisnis yang dijalani mengalami kerugian.
  • Kerjakan usaha dengan semangat, sukses hingga dapat memiliki bisnis yang lancar tidak jauh dari apa yang dilakukan pada bisnis tersebut. Rasa semangat didalam mengerjakan suatu bisnis menjadi kunci penting dan hal itu perlu kamu lakukan agar bisnis franchise yang dikembangkan dapat mengalami pertumbuhan baik.
  • Berinovasi, pada era digital yang semuanya dapat dilakukan melalui media internet tentu kamu harus dapat merencanakan sesuatu yang baru pada barang dagangan. Terutama pada kemasan, varian rasa pada minuman dan tempat berjualan. Semua itu menjadi faktor yang perlu kamu perbaharui melalui inovasi baru.
Maka dengan melakukan beberapa tips menjalankan bisnis franchise minuman tersebut, akan besar kemungkinan bisnis umkm kamu lancar dan dapat berkembang dengan cepat.

B. Bisnis Convert Pulsa

Kemajuan dibidang teknologi membuat perubahan yang sangat pesat pada penggunaan internet, mulai dari kebutuhan bersosial media, berbelanja online hingga melakukan transaksi melalui internet. Hal ini bisa kita amati dari jendela bisnis baru melalui bisnis umkm berupa jasa convert pulsa. Apa itu convert pulsa? Convert pulsa adalah bisnis melalui layanan jasa dengan menyediakan jasa tukar dari pulsa menjadi uang rupiah. Maka jika di sebutkan, convert ialah tukar dan convert pulsa merupakan istilah pada jasa tukar pulsa. Peluang bisnis pada convert pulsa juga memiliki potensi sangat besar, mengingat teknologi semakin maju dan berkembang, tentu bisnis seperti convert pulsa ini bisa menjadi ide bisnis umkm berpotensi besar ditahun 2021.

C. Bisnis Percetakan

Alternatif usaha ini menjadi pilihan yang cukup baik pada sektor umkm, ide berwirausaha pada sektor percetakan memang terbilang cukup ramai! Namun kembali pada konsep dasar berwirausaha melalui umkm dimana semua hasil yang didapat tergantung dari apa yang dikerjakan. Sektor percetakan cukup banyak, namun ada saran dari saya jika coba deh dalami sektor percetakan pada bungkus makanan atau minuman. Karena sektor percetakan ini lebih memiliki peluang besar ke depannya. Kamu bisa dalami bidang ini dan melakukan inovasi baru pada hasil barang cetakannmu. Jangan lupa untuk manfaatkan media sosial untuk mempromosikan umkm percetakan kamu. Dengan konsep kerja seperti itu yakin aja deh, bakal banyak order yang masuk ke nomor kontak bisnis mu.


Akhir Kata

Itulah beberapa contoh peluang bisnis umkm berpotensi menghasilkan yang bisa maswids tulis disini, semoga apa yang sudah diketerangkan tadi bisa memberi manfaat bagi kamu. Jika dirasa artikel ini menarik! Jangan luoa bagikan di media sosial kamu ya, jangan lupa baca artikel bisnis lain juga di blog ini. Agar bersama kita bisa menambah informasi guna mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan finansial kita. Itu saja terimakasih dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar untuk "UMKM adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya "